pasang-pipa

KARANGTALUN ——— Air adalah sumber daya alam yang sangat penting bagi manusia. Setiap hari kita membutuhkan air untuk aktifitas keseharian yang kita lakukan mulai dari mandi, minum, memasak, mencuci baju, mencuci piring, dll kesemuanya membutuhkan air bersih. Mengingat pentingnya air bersih bagi kehidupan dan begitu banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia, Oleh karena itu Pemerintah Desa Karangtalun berusaha agar kebutuhan sarana air bersih bisa terpenuhi dengan cara membangun sarana air bersih yang bersumber dari Dana Desa tahun 2016, dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 34.195.000,- yang dialokasikan di dusun Karangklesem Desa Karangtalun. Adapun sumber mata air diambil dari bawah gunung sambeng sejumlah dua sumber yang masing-masing berada ditanah milik, yaitu milik Bpk.Kolim Nurudin dan Milik Bp.Muhyari yang keduanyan adalah juga penduduk desa Karangtalun dan telah mengijinkannya.

Sebenarnya Program ini merupakan kolaborasi lanjutan yang pernah dilaksanakan dengan nama Pamsimas, namun belum bisa secara maksimal dimanfaatkan karena masih membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk kegiatan operasional setiap harinya. Dengan kolaborasi ini,air yang mengalir merupakan gravitasi sehingga tanpa alat pendorong air sudah mengalir sampai jauh dengan sendirinya. Kini masyarakat dusun Karangklesem sudah bisa memanfaatkan sarana air bersih untuk keperluan sehari-hari, terbukti sesuai dengan data sudah ada 127 rumah tangga yang sudah menggunakan air bersih , mereka secara swadaya menyambung dari saluran induk sampai kerumah masing-masing dan dilengkapi dengan meteran air yang berfungsi untuk pengendalian pemakaian air.
Maka dari itu, diharapkan kesadaran kita, bagaimana menggunakan air sesuai dengan fungsinya, tidak menghambur-hamburkannya dengan sesuka hatinya. Sehingga ketersediaan air tetap bisa kita nikmati sepanjang jaman, termasuk generasi kita yang akan datang.
Melihat begitu banyak manfaat air bersih bagi kehidupan, maka sudah selayaknyalah kita menghargai dan menggunakan air dengan bijak. (Editor/Admin : Sobirin)