jut

KARANGTALUN———Jalan merupakan prasarana transportasi untuk memperlancar mobilitas bagi masyarakat. Di tahun 2016 ini Desa Karangtalun telah menyelesaikan jalan tembus yang menghubungkan dusun Karangklesem dengan dukuh Nagasantri (dusun Karangtalun) dengan membangun Talud dan jalan rabat beton sepanjang 263 m dan lebar 2 m yang bersumber dari Dana Desa sebesar Rp. 77.123.000, yang membelah areal persawahan di dusun Karangtalun.
Dengan kesadaran yang tinggi terutama bagi para pemilik lahan sawah yang terlintasi jalan tembus tersebut dengan ikhlas menghibahkan tanah mereka untuk dijadikan jalan ,yang masing-masing para pemilik lahan menghibahkan 1 m kali panjang jalan , semoga ini menjadi amal jariyah yang tak putus nilai kebaikannya sebagai investasi bagi pemilik dan keluarga. Karena jalan tersebut berada ditengah area persawahan sekaligus berfungsi sebagai jalan usaha tani. Dengan adanya pembangunan jalan tersebut ongkos angkut hasil pertanian (padi) semakin berkurang. Sebelum adanya jalan tersebut masyarakat mengangkut hasil panen padi melalui jalan yang hanya dapat dilalui oleh tenaga manusia. Namun setelah adanya jalan usaha tani mempermudah dan memperlancar angkutan hasil panen. Begitu pula hubungan kemasyarakatan antara warga dusun Karangklesem dengan warga dukuh Nagasantri jadi terasa begitu dekat.
Menengok masa silam, muncul persoalan yang dihadapi petani saat musim panen tiba selalu terkendala akses jalan yang kurang memadai. Kerap kali mereka harus bersusah payah melalui jalan tanah (galengan=jawa), mengangkut hasil panen. Begitu pula sebaliknya, saat bercocok tanam. Hal ini membuat proses produksi distribusi hasil pertanian terhambat. Waktu banyak terbuang di jalan. Akses jalan ini juga membuat membuat ongkos produksi tinggi,dengan adanya jalan usaha tani, biaya angkut hasil panen, apa itu padi, atau jagung, semakin mudah dan murah. Dengan harapan agar jalan yang sudah dibangun, dirawat dengan baik, sehingga manfaatnya bisa dirasakan semua lapisan masyarakat dan petani selamanya. (Editor/Admin : Sobirin)