pbb

KARANGTALUN———— Untuk memberikan contoh tauladan yang baik kepada masyarakat dalam memenuhi kewajiban membayar pajak khususnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Dusun I (Sikadut) Desa Karangtalun Kecamatan Bobotsari menggelar kegiatan Pekan Panutan PBB Tahun 2017 di rumah Kepala Dusun I pada  Senin, 10 April 2017 dimulai pukul 19.30 WIB s/d pukul 22.30 WIB yang dihadiri oleh Mantri pajak Kecamatan Bobotsari, Pj. Sekdes, Kepala Dusun I , para Ketua RW dan RT serta pengurus se wilayah dusun I .

Kegiatan ini  sebenarnya adalah kegiatan rutin setiap sebulan sekali yaitu pada tanggal 10 , yang diselenggarakan oleh Paguyuban Ketua RW dan RT serta pengurusnya. Dalam acara ini selalu dibuka oleh Ketua RW atau RT secara bergantian setiap bulannya. Pada pertemuan saat ini dibuka oleh Ketua RT.01 RW.01 yaitu Bapak Suminto. Masyarakat sebenarnya sudah sadar dan patuh akan kewajiban membayar pajak terbukti sampai saat ini warga saya di RT.01 RW.01 dalam jangka waktu 1 minggu dari pembagian SPPT sudah lunas dari baku PBB Rp.2.368.692, demikian ungkap Bapak Suminto.

Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah pusat bahwa semua penerimaan PBB sektor perdesaan dan perkotaan sudah sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah daerah, sehingga menjadikan PBB sebagai salah satu sumber pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah yang memberikan kontribusi PAD bagi daerah.
pbb1
Dusun I (Sikadut) terdiri dari 3 RW dan 13 RT, dengan jumlah baku Pajak Bumi dan Bangunan adalah Rp. 20.131.546 yang terdiri dari 790 wajib pajak, kami sampaikan terima kepada wajib pajak yang telah membayar sebelum jatuh tempo, dengan gerakan  membayar PBB pada malam hari ini alhamdulillah bisa terkumpul  sejumlah Rp. 14.470.288, kiranya dapat dijadikan momentum bagi kita semua untuk berjuang bersama pemerintah, masyarakat sebagai wajib pajak melalui kegiatan Pekan Panutan PBB tahun 2017 ini, kami mohon target PBB tahun 2017 bisa terealisasi 100% dibulan ini, sehingga pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Purbalingga bisa berjalan dengan sukses sesuai program yang ditetapkan,” demikian ungkap Kadus Waspodo.

Dusun sebagai ujung tombak untuk dapat mendorong masyarakat  dengan harapan PBB tahun 2017 bisa lunas 100% tepat pada waktunya. Pelunasan PBB tahun 2017 merupakan salah satu indikator keberhasilan guna melaksanakan tugas-tugas di wilayahnya untuk mensukseskan program pembangunan di desa Karangtalun.

Membayar PBB sebelum jatuh tempo sebagai bentuk partisipasi dan tanggung jawab dalam pembangunan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pencapaian penerimaan PBB sebagai sumber dana dalam rangka menunjang pelaksanaan pembangunan.

Jadikanlah pajak bukan sebagai beban, namun sebagai bentuk pengabdian untuk membangun kota Purbalingga menjadi lebih maju dan lebih baik lagi,” harapnya.
Maksud dan tujuan dilaksanakan pekan panutan pajak ini adalah, untuk memberikan teladan kepada masyarakat, dalam pembayaran pajak tepat waktu.
( Editor/Admin : Sobirin )