ratKARANGTALUN————–Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) ‘’ TANI MUKTI “ Desa Karangtalun Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga membuktikan eksistensinya di tengah masyarakat Karangtalun dengan mengadakan acara RAT (Rapat Anggota Tahunan) Gapoktan Tani Mukti Tutup Buku Tahun 2016 . RAT dieselenggarakan pada Selasa, 28 Pebruari 2017 bertempat di Aula Balai Desa Karangtalun, yang dihadiri oleh Tim Teknis LKM PUAP dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Purbalingga, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Bobotsari beserta PPL, Kepala Desa,Perangkat Desa, Pengurus Gapoktan dan Anggota yang tergabung dalam Gapoktan.
Dalam Sambutannya Ketua Gapoktan ‘’TANI MUKTI‘’ Desa Karangtalun Bapak Rodjati menyampaikan beberapa hal diantarannya :
Tujuan RAT adalah sebagai pertanggungjawaban pengurus kepada anggota dalam menjalankan tugas yang dituangkan dalam sebuah laporan serta untuk mengevaluasi dan menilai kinerja selama satu tahun kerja. Gapoktan “TANI MUKTI” adalah penerima BLM – PUAP Tahun 2012. Tahun ini adalah tahun ke–5 Kepengurusan Lembaga Keuangan Mikro Program Pengembangan Usaha Agrobisnis Perdesaan (LKM PUAP) Gapoktan Tani Mukti Desa Karangtalun Kecamatan Bobotsari yang mana dalam pengelolaannya sudah berjalan 5 (lima) tahun, merupakan usia yang masih relatif muda dan masih jauh dari harapan. Dapat kami laporkan pengelolaan LKM PUAP, dengan harapan agar semua pihak yang menjadi bagian dari kegiatan ini dapat memahami dan mengetahui perkembangan yang terjadi selama lima tahun ini. AD/ART merupakan landasan dan juga pedoman kami dalam menjalankan kelembagaan, dan pengurus berkewajiban menyampaikan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan selama 1 (satu) tahun untuk dievaluasi dengan mengacu pada pedoman kerja tahun 2016, sebagai pertanggungjawaban pengurus terhadap anggota, secara sistematis Laporan Pertanggungjawaban Pengurus adalah sebagai berikut :
1. Pendahuluan
2. Laporan tentang organisasi
Nama Lembaga : Gapoktan Tani Mukti
Surat Keputusan : 414.6/15/IX/2007
Alamat Kantor : Komplek Kantor Desa Karangtalun
Keanggotaan :
– Kelompok Tani Mugi Rahayu dari dusun Sikadut
– Kelompok Tani Sri Peni dari dusun Karangtalun
– Kelompok Tani Ngudi Rahayu dari dusun Karangklesem
Pembina :
– Kepala Desa Karangtalun
– Penyuluh Pendamping / PPL
– Kepala BPP Kecamatan Bobotsari
– Tim Teknis PUAP Kabupaten
Pengurus :
– Ketua : Rodjati
– Sekretaris : Sapari
– Bendahara : Agung Pri Haryanto
– Manager LKM PUAP : Sutojo
3. Laporan Keuangan
4. Penutup
Disamping hal tersebut juga disampaikan tentang tata tertib RAT dan penyampaian program untuk tahun 2017, diantara program kerja untuk tahun 2017 yaitu : Bidang Organiasi, Bidang Administrasi, Bidang Kegiatan, dan Bidang Keuangan. Adapun dari hasil Neraca Keuangan sesuai denga jurnal kas LKM-A Gapoktan Tani Mukti Periode Januari s/d Desember 2016 Jumlah Aktiva Rp. 176.501.764 .Kegiatan yang selama ini dilaksnakan adalah simpan pinjam anggota, yang dilaksanakan rutin sebulan sekali setiap tanggal 15.

Kami sampaikan selamat bisa melaksanakan RAT, sebagai wujud transparansi dan keterbukaan antara pengurus dengan anggota dan masyarakat Karangtalun yang mayoritas petani sangat terbantu dengan adanya kegiatan simpan pinjam yang dikelola oleh Gapoktan Tani Mukti dan membantu kinerja pemerintah dalam hal kesejahteraan petani ,kami juga terima kasih kepada pengurus Gapoktan yang telah melaksanakan RAT ,karena satu Kecamatan baru Gapoktan Tani Mukti Karangtalun yang telah melaksanakan kegiatan ini, demikian ungkap PJ.Sekdes Sobirin saat memberikan sambutan.

Menghimbau agar semua para petani yang ada bisa masuk menjadi anggota Gapoktan untuk membesarkan kelompok dan juga ada penggalian simpanan wajib serta kedepan natinya para petani harus mempunyai kartu tani yang berfungsi pada saat membeli pupuk, demikian ungkap Bapak Sunarto selaku Tim Teknis dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Purbalingga disaat menyampaikan sambutan.   (Editor/Admin : Sobirin)