juguran

KARANGTALUN———-Juguran bareng terlaksana merupakan kegiatan yang digagas oleh Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Purbalingga, acara ini berlangsung pada sabtu, 4 Pebruari 2017 di desa Karangtalun, Kecamatan Bobotsari dengan tema ’’Desa, Media Sosial dan Hukum’’.
Acara tersebut dihadiri oleh Ibu Mariam Fatimah Barata sebagai narasumber dari Sekretaris Direktorat Jendral Aplikasi Telematika (Aptika) Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Purbalingga,Camat Bobotsari,Kepala Desa se wilayah Kec. Bobotsari, admin website desa.id, para pegiat blogger, mahasiswa, dosen, PNS dan masyarakat umum.

Kado pertama dengan Ibu Mariam F.Barata dan juga dengan para penggiat teknologi iformasi ,mohon dukungan dalam melaksanakan tugas karena nantinnya para penggiat ini akan bersinggungan langsung dengan dinkominfo kabupaten dan juga bagaimana mengembangkan dunia teknologi informatika serta mengapresiasi kegiatan ini, karena termasuk mendukung nawa cita Presiden Joko Widodo yaitu membangun Indonesia dari desa, demikian ungkap Bapak Tri Gunawan , Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Purbalingga pada saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara juguran bareng.

Dalam pemaparan oleh Mariam F.Barata menyampaikan bagaimana mengembangkan teknologi informasi dari desa, internet telah mengubah kita dari bangun tidur sampai tidur kembali, contoh sekarang banyak yang menggunakan facebook, wa dll, serta masyarakat mengubah teknologi misal mereka bisa jualan produk lewat internet, ada jalan rusak difoto, ada kebakaran juga difoto, semua komunikasi lewat media sosial untuk mempermudah. Adanya kemudahan mendapatkan informasi diharapkan dapat menyebarkan informasi dengan benar sehingga tidak menimbulkan penyalahgunaan informasi.

Disamping itu ada juga acara Nonton Bareng film ‘’ Lentera Maya “ yang merupakan rangkaian kegiatan,yang diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para penonton tentang bahaya dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh cepatnya berita hoax yang beredar di dunia maya. Jangan sampai kita terpancing oleh judul yang membuat kita penasaran dan gambar yang menarik.

Merelis dari www.bralink.id …dari sisi teknologi dunia maya maupun media sosial merupakan sesuatu yang netral, namun dari sisi konten ada hal-hal yang bisa memberikan dampak negatif dari mulai menyebar kebencian, intoleran hingga memecah belah bangsa. Untuk itu RTIK Purbalingga diharapkan mampu memberikan edukasi dan literasi tentang pentingnya menyaring berita dari sosmed sebelum menyebar melalui group WA maupun sosmed, saring dulu sebelum sharing,

Diharapkan juguran ini dapat menjadi kendali dari hal-hal buruk dari pengguna internet, masyarakat juga diharapkan dapat bijak dalam menggunakan internet.
(Editor / Admin : Sobirin )