idul fitri

KARANGTALUN————Takbir telah dikumandangkan, Tasbih, Tahmid, dan Tahlil mengikuti. Tiada kalimat yang paling indah selain mengumandangkannya sebagai bentuk rasa syukur kepada ALLAH SWT pertanda 1 Syawal 1438 H telah tiba. Hari ini minggu, 25 Juni 2017 sebagai hari raya idul fitri. Desa Karangtalun terdiri dari 3 dusun , jarak dusun satu dengan yang lain berjauhan sehingga untuk pelaksanaan sholat idul fitri tahun 2017 di Desa Karangtalun diselenggarakan di 3 (tiga) tempat yaitu :
1. Di dusun Sikadut bertempat di Masjid Baitussalam , selaku Imam Bapak Asruri dan Khotib Bapak Arif Daryoto,
2. Di dusun Karangklesem bertempat di lapangan tunas mekar, selaku Imam Bapak Budiman S.Ag dan Khotib Bapak Sobirin,
3. Di dusun Karangtalun bertempat di lapangan soma krida, selaku Imam Bapak Janatin dan Khotib Bapak Mohamad Mafud.

Admin desa Karangtalun mengutip pelaksanaan sholat idul fitri yang diselenggarakan di dusun Karangklesem yang dihadiri oleh sekitar 1200 jama’ah , ada 3 pesan Ramadhan yang disampaikan oleh Bapak Sobirin selaku khotib yaitu :
1. Pesan Moral atau Tahdzibun Nafsi.
Mawas diri berarti waspada terhadap musuh terbesar umat manusia, bahwa musuh terbesar umat manusia adalah hawa nafsu.Lebih jauh mengenai hawa nafsu bahwa didalam diri manusia pasti terdapat nafsu sejak dilahirkan seperti marah, pengetahuan dan syahwat namun yang paling sulit dikendalikan adalah syahwat.
Namun ada satu sifat yang dapat menghatarkan seorang muslim ke pintu kebahagiaan yaitu Rububiyah, sifat ini dimiliki oleh orang-orang yang ditandai dengan keimanan,ketaqwaan dan kesabaran yang tidak ada batasnya. Sifat ini harus tinggal dan menjelma menjadi perilaku tauladan yang baik, budi pekerti yang baik dan sekaligus menjadi pribadi yang lebih mengutamakan kepentingan orang banyak serta menjadi manusia yang lebih bermanfaat bagi orang lain.

idul fitri 1
2. Pesan Sosial.
Di bulan ramadhan manusia juga diperintahkan untuk mengeluarkan zakat fitrah, Islam mengajarkan hubungan tidak hanya dibangun kepada Sang Pencipta akan tetapi kepada sesama manusia. Semangat berbagi dan semangat silaturahmi terasa sangat nyata dan menciptakan hubungan timbal balik.

idul fitri 2
3. Pesan Untuk Berjihad.
Pengertian berjihad dalam artian yang komprehensif, karena yang dituju adalah segala yang kita miliki, baik harta, tenaga dan jiwa. Jihad yang bertujuan untuk mendapat keridhaan ALLAH SWT terutama jihad melawan diri sendiri. Dalam konteks sosial masyarakat kita saat ini, dimana masih banyak sektor sosial yang perlu pembenahan lebih lanjut. Maka makna jihad harus mengacu pada pengentasan masalah-masalah sosial. Oleh sebab itu, sudah selayaknya momentum idul fitri saat ini , bukan hanya pakaian yang baru akan tetapi gagasan-gagasan baru juga harus dikedepankan untuk mengentaskan masalah-masalah sosial .

PEMERINTAH DESA KARANGTALUN MENGUCAPAKN
‘’ SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H ‘’
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

( Editor / Admin : Sobirin )