cabai-1

KARANGTALUN————— Gerakan penanaman 22.000 batang bibit cabai rawit/cengis secara serempak pada hari ini selasa, 11 April 2017 se Kabupaten Purbalingga yang terbagi di masing-masing Kecamatan, salah satunya adalah di halaman kantor Kecamatan Bobotsari yang diikuti 250 orang perwakilan dari masing-masing desa yang ada di wilayah Kecamatan Bobotsari. Salah satunya adalah desa Karangtalun yang mengirim peserta Mama Cantik Menanam Cengis (MACAN MANIS) sejumlah 17 orang yang terdiri dari Ibu Ketua TP PKK Desa dan Ibu-ibu rumah tangga.

Maksud diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi kepada para ibu rumah tangga di Purbalingga khusunya di wilayah Kecamatan Bobotsari agar tergerak untuk memanfaatkan halaman/pekarangannya dengan tanaman-tanaman yang bermanfaat antara lain : apotik hidup dan warung hidup, khususnya penanaman cabai rawit dengan menggunakan media pot atau polybag, sehingga menjadi sebuah gerakan yang kami beri jargon ‘’ MACAN MANIS “ atau MAMA CANTIK MENANAM CENGIS, demikian sambutan Ibu Ketua TP PKK Kecamatan Bobotsari Ny. Harsono.

cabai

Perlu kami sampaikan pula bahwa dipilihnya cabai rawit ini karena didasarkan pada pertimbangan bahwa kebutuhan cabai rawit dalam rumah tangga cukup tinggi, sementara disisi lain masih banyak halaman rumah yang belum dimanfaatkan, sehingga masih sangat memungkinkan untuk ditanami pohon cabai rawit, yang perawatannya lebih sederhana dan bisa dilakukan ibu rumah tangga. Lebih tahan penyakit serta usia tanaman yang cukup panjang, apabila dibandingkan dengan tanaman cabai besar.

Dengan demikian maka tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menekan anggaran rumah tangga dan meningkatkan ketahanan pangan keluarga serta ikut meningkatkan produksi dan produktivitas cabai sehingga kenaikan harga cabai tidak terlalu berpengaruh pada laju inflasi imbuh Ny. Harsono.

Dengan gerakan ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh masyarakat di Bobotsari umumnya dan di Karangtalun pada khususnya untuk bersama-sama mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan di lingkungan masing-masing, baik pekarangan rumah, sekolah, kantor, gedung, dan lain-lain. Selain dapat mendorong ketahanan dan kemandirian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan cabai segar, juga menjadi potensi ekonomi untuk menambah pendapatan keluarga.

(Editor/Admin : Sobirin)