juguran-desa-medsos-hukum

Pegiat API Gladi Resik di Balai Desa Karangtalun (3/2)

Mariam F. Barata, Sekretaris Direktorat Jenderal Aptika Kemkominfo RI menjadi narasumber dalam Juguran Agen Perubahan Informatika (API) Kabupaten Purbalingga. Beliau akan membahas Desa, Medsos, dan Hukum.

Acara akan dihelat di Balai Desa Karangtalun, Kecamatan Bobotsari pada Sabtu (4/2). Bambang Supriyanto, S.H., Kades Karangtalun sangat mendukung juguran. Menurutnya, kegiatan positif ini bisa dijadikan sarana untuk mempromosikan potensi desa.

Ada sejumlah agenda dalam juguran seperti Diskusi Desa Unggulan, Diskusi Aplikasi, hingga Nonton Bareng (Nobar) Film Lenteramaya dan Inbox. Selain itu, panitia juga merancang Bazar Poduk unggulan desa dan UMKM.

“Produk yang dipamerkan dalam bazar akan berbarcode,” ujar Ari Prakoso Kurniawan, Penanggung Jawab Bazar.

Secara teknis, pembeli bisa mendapatkan informasi produk dengan scan barcode dengan menggunakan smartphone.

“Semoga menjadi sesuatu yang seru,” imbuh mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Jenderal Soedirman.

Sukman, salah satu pegiat API Purbalingga bercerita, registrasi dimulai pukul 08.00 WIB, dilanjutkan dengan pembukaan dan Diskusi Desa, Medsos, dan Hukum yang dipanelkan dengan Diskusi Desa Unggulan.

“Setelah makan siang, masih ada agenda Diskusi Aplikasi dan Nobar. Malam harinya dilanjutkan diskusi internal terkait Relawan TIK, dan bersambung hari berikutnya di Desa Dagan,” tuturnya.