Musyawarah Pembaruan Pengurus Karang Taruna Desa Karangtalun Periode Tahun 2019-2024

Musyawarah Pembaruan Pengurus Karang Taruna Desa Karangtalun Periode Tahun 2019-2024

27 Juni 2019 Kabar Desa 0

DSC00976
Pemuda hari ini adalah pemimpin di hari esok. Seperti itulah kata yang  tepat untuk menjelaskan sosok pemuda. Semangat, kreatifitas, dan kecepatan berfikir, itulah tiga hal berpotensi yang dimiliki oleh setiap pemuda. Sehingga wajar peran mereka sangat dinantikan bagi masyarakat.

Di Desa, pemuda diharapkan tidak hanya berpangku tangan tetapi diharapkan bersama sama terlibat dalam pembangunan di Desa terutama dalam bidang pemberdayaan masyarakat desa, juga terlibat untuk mendorong masyarakat dalam kegiatan pembangunan Desa.

Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan . Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga di mana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.

Karang Taruna beranggotakan pemuda dan pemudi (dalam AD/ART nya diatur keanggotaannya mulai dari pemuda/i berusia mulai dari 11 – 45 tahun) dan batasan sebagai Pengurus adalah berusia mulai 17 – 35 tahun.

Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.

DSC00975DSC00972

Pada tanggal 25 juni 2019 telah di Musyawarahkan Pembentukan Karang Taruna Desa Karangtalun Periode Tahun 2019-2024 yang di hadiri oleh Kepala desa Karangtalun Bpk. HERU CATUR WIBOWO ,Perangkat desa karangtalun ,Ketua umum karang taruna periode tahun 2014-2019 yang masa baktinya telah habis(Bpk. Karyono) ,serta di hadiri sekitar 60 pemuda, perwakilan dari masing-masing dusun yaitu Dusun 1 Sikadut, Dusun 2 Karanglesem, Dusun 3 Karangtalun.

Adapun masing-masing dusun mencalonkan 1 kandidat sebagai calon ketua yaitu:

Dusun 1 : Ikhlas Ade Windi Saputra

Dusun 2 : Dwi Antoro

Dusun 3 : Rizki Nur Hidayat

dari masing-masing kandidat dipilih melalui cara voting, dari hasil voting dan persetujuan peserta rapat maka terpilihlah ketua baru yaitu Ikhlas Ade Windi Saputra, dan Dwi Antoro, Rizki sebagai wakil ketua

Selanjutnya menentukan pengurus yang lain dengan hasil dibawah ini :

Adapun susunan pengurus karang taruna Desa Karangtalun sebagai berikut:

1. Ketua : Ikhlas Ade Windi Saputra

2. Wakil Ketua 1 : Dwi Antoro

3. Wakil Ketua 2 : Rizki Nur Hidayat

4. Sekertaris 1 : Kurniati

5. Sekertaris 2 : Renanggal

6. Bendahara 1 : Farah Nafi Safitri

7. Bendahara 2 : Ridwan Maulana

 

Selain pengurus inti, juga dilengkapi beberapa bidang yaitu :

1. Seksi pendidikan dan pelatihan : Dian Wiliana, Wahyu Adi, Muhammad Yudi Santosa

2. Seksi usaha kesejahteraan sosial : Wayan Putu Wiyadi, Eka Rahayu, Vina Nur Kholifah

3. Seksi kelompok usaha : Didik Triogo, Doni Tri Handoko, Tri Nur Cahyaningsih

4. Seksi kerohanian & pembinaan mental : Hanifah Soma Padya, Aprilia Dena Utami, Aldi Nurohman

5. Seksi Olahraga & seni budaya : Nur Kholik, Sigit Supangat, Dea Setiani, Ikbal Hamdani, Arafn Hidayat, Hilaludin Maarif, Cahyo Suprianto, Fajar Septiawan, Savela Mala Putri

6. Seksi lingkungan hidup : Andreas, Ihya ulumudin, Samsiah istiqomah

7. Seksi humas dan kemitraan : Nur apri pratama, Yunita sifa fauzia, Restu prayoga, Gilang rahwanto, Dimas ariansah, Laely nur isnaeni

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *