sikadut

KARANGTALUN————- Salah satu cara menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan yang saat ini masih sering dilakukan oleh warga adalah melakukan kerja bakti secara rutin, kerja bakti merupakan sarana kebersamaan antar warga guna membantu tercapainya kenyamanan desa dengan melakukan pembangunan atau kebersihan yang bermanfaat bagi desa bersangkutan, begitu juga yang dilakukan oleh masyarakat dusun I (Sikadut) desa Karangtalun Kecamatan Bobotsari pada minggu, 12 Pebruari 2017 masyarakat membaur dari yang muda dan tua bersama-sama kerja bakti bersihkan jalan masuk ke wilayah dusun Sikadut, sehinga jalan akan kelihatan indah,bersih dan rapi.

Kerja bakti ini sudah rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali yang merupakan agenda kegiatan dusun Sikadut, disamping itu ada juga kegiatan rutin yang dilakukan setiap sebulan sekali yaitu pertemuan bagi lemaga kemasyarakatan seperti LKMD, para ketua RW dan RT yang ada di wilayah dusun sikadut, dalam pertemuan tersebut diisi pembahasan kegiatan-kegiatan dan arisan. Harapanya dengan kegiatan ini masyarakat akan berperilaku hidup bersih dan sehat serta ramah lingkungan,sehinga perlu dilakukan sebuah gerakan pembangunan kesadaran secara menyeluruh disemua tingkatan masyarakat,untuk merawat lingkungan yang berada di dusun Sikadut, sehingga kedepan lingkungan akan terus terjaga kebersihannya, demikian disampaikan oleh Kepala Dusun Sikadut , Waspodo disela-sela mengikuti kegiatan kerja bakti,

Manfaat Kerja bakti :
1. Menyelesaikan masalah secara bersama
Manusia tidak dapat hidup sendirian. Manusia tidak dapat memenuhi semua kebutuhannya sendiri. Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Sebagai makhluk sosial, kita memiliki tetangga. Kita harus hidup rukun dengan tetangga. Kita perlu melakukan kerja sama. Kerja sama dapat dilakukan dalam bentuk kerja bakti. Dengan bekerja sama semua pekerjaan berat menjadi ringan. Pekerjaan juga menjadi cepat selesai.Setiap orang membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Setiap orang harus bekerja sama.

2. Lebih mengenal dan mengakrabkan warga.
3. Rasa gotong royong menjadi lebih kental

Kebersihan adalah keadaan bebas dari berbagai kotoran baik itu debu, sampah dan bau. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan diri mereka agar hidup tetap sehat, dengan menjaga hidup sehat maka dijamin diri kita sehat dan tidak menularkan kuman penyakit pada orang lain, Selain menjaga agar terhindar dari penyakit, kebersihan lingkungan ini perlu dilakukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, teduh, sehat dan nyaman.
Kerja bakti yang dilakukan semoga bisa membawa kebaikan bagi seluruh warga. hendaknya kegiatan ini dilakukan tanpa rasa terpaksa karena rasa ikhlas akan membuat suatu kenyamanan dalam bekerja, dan yang tak kalah penting adalah bukanlah bagaimana wujud kerja bakti itu namun lebih utama pada nilai-nilai yang terkandung didalamnya . ( Editor/Admin : Sobirin )